Kamis, 19 April 2012

cara memperbaiki tinta printer

Cara Memperbaiki Tinta Printer Yang TersumbatInternet

 
Cara Memperbaiki Tinta Printer Yang TersumbatCartridge printer ada kalanya mengalami penyumbatan pada salah satu cartridge warnanya sehingga hasil printer tidak sesuai warna aslinya. Hal ini akan bermasalah jika cartridge yang tersumbat adalah tinta warna hitam sehingga printer tersebut tidak bisa mencetak teks yang biasanya berwarna hitam.
Penyebab tinta printer tersumbat adalah karena jarang digunakan. Umumnya teknisi printer menganjurkan kita untuk print minimal seminggu sekali agar cartridge tidak membeku yang menyebabkannya tersumbat, Namun jika tinta printer telah terlanjur tersumbat maka ada beberapa langkah yang bisa diambil untuk memperbaiki cartridge printer tersumber tersebut.
Cara Memperbaiki Tinta Printer Yang Tersumbat :
  1. Bersihkan tinta printer dengan selembar kertas  tissue yang telah di rendam sebentar dengan air hangat dengan cara lap kertas `tissue‘ basah pada head (lubang penyemprotan tinta). Apabila ada tanda tinta pada kertas `tissue’, berarti masih ada lubang penyemprotan tinta yang (masih) dapat mengeluarkan tinta /tidak tersumbat atau (mungkin) tinta kering yang menyumbat telah mencair. Cobalah untuk test printing tinta printer yang tersumbat tersebut
  2. Jika cara di atas tetap tidak berhasil, kita bisa mencoba dengan air lebih hangat (60-70 derajat celcius) dengan cara merendam cartridge selama 10-15 menit untuk mencairkan lubang tinta yang kering tersebut. Coba lagi untuk test printing
Jika 2 cara di atas tidak mampu mengatasi cartridge printer yang tersumbat, maka kemungkinan cartridge tersebut sudah tidak bisa digunakan lagi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar