Kamis, 19 April 2012

cara menghub xp dan win7

Sharing koneksi internet artinya adalah menghubungkan 2 buah atau beberapa komputer agar bisa terhubung ke internet. Metodologi untuk cara setting koneksinya pun berbeda-beda ada yang menggunakan perantara hub/switch ataupun terhubung lansung 2 komputer.
Pada tutorial cara setting internet kali ini, carasetting.com akan menjelaskan metode yang ke 2 yaitu bagaimana caranya kita sharingkan 2 buah komputer agar bisa konek internet menggunakan metode peer to peer. Konsep jaringan peer to peer diperlukan ketika ada 2 komputer (komputer 1 terhubung ke internet sedangkan komputer 2 tidak terhubung ke internet). Agar ke-2 komputer tersebut konek ke internet maka komputer 2 harus dihubungkan ke komputer satu menggunakan kabel cross over sebagaimana dijelaskan pada cara membuat kabel straigh dan cross over UTP kemudian baru setting jaringan di 2 komputer tersebut dengan Bridge Connection .
Penjelasaanya tentang prinsip jaringan peer to peer dijelaskan pada gambar berikut :

 
Untuk melakukan Bridge Connections ikuti langkah – langkah berikut:
    1. Pada PC A Masuklah pada Control Panel lalu double klik icon Network Connections.
    2. Setelah berada pada Network Connections sortir kedua NIC lanjutkan dengan mengklik kanan lalu pilih Bridge Connections . Setelahnya akan nampak icon bridge baru :

  1. Double klik icon tersebut dan ubah IP addressnya sesuai eth0 PC A pada gambar topology peer to peer diatas.
  2. Set IP address eth1 PC B sesuai topology diatas.
Sekarang komputer PC B dapat berinternet ria dengan mengambil sebagian koneksi dari PC A. Jadi bila kamu mempunyai 2 komputer dan ingin mengkoneksikannya ke internet tetapi tidak memiliki HUB maupun Switch gunakan saja cara diatas. Jangan lupa sebelumnya untuk menghubungkan ke 2 komputer tersebut dengan kabel cross over UTP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar